-->

Tekanan Darah Tinggi

Please Wait


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia lebih dari satu miliar orang dewasa di seluruh dunia menderita tekanan darah tinggi. Saat ini sedang dilakukan langkah untuk menanggulangi pembunuh senyap tersebut. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Hampir sepuluh juta orang meninggal karena dua penyakit ini setiap tahun. Mereka adalah penyebab kematian nomor satu secara global. Tekanan darah tinggi juga menyebabkan gagal ginjal, kebutaan dan penyakit lainnya. Seringkali seiring dengan diabetes dan obesitas, yang meningkatkan risiko kesehatan lebih jauh.

Seperti yang dilaporkan WHO, orang-orang di negara-negara berkembang di Afrika menderita lebih banyak penyakit  tekanan darah tinggi daripada orang-orang di negara-negara maju. Alasannya adalah bahwa perawatan kesehatan di negara maju jauh lebih terorganisir dan apabila terdapat gejala-gejalanya sesegera mungkin mereka melakukan pemeriksaan ke dokter tentunya dengan peralatan medis yang memadai dan canggih.
 

Tekanan darah tinggi tidak boleh diabaikan dan harus selalu dianggap serius. Ini adalah peringatan dari tubuh kita bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Meskipun orang mungkin hidup dengan tekanan darah tinggi selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya, penting untuk


memeriksa tekanan darah kita secara teratur dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk penanggulangan dan pencegahan.

WHO mengatakan bahwa kita dapat mengurangi tekanan darah dengan mengubah kebiasaan hidup kita. Makan makanan seimbang, berolahraga secara teratur, menghindari alkohol dan nikotin adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan tanpa berkonsultasi dengan dokter.
Powered by Blogger